Lemak cair dalam tubuh

Diatas telah kita ketahui apa itu fungsi lemak bagi tubuh manusia. Lemak atau air larut dalam pelarut organic seperti minyak tanah, eter, dan karbon tetraklorida. Tiga unsur yang pertama berikatan dengan protein tertentu membentuk lipoprotein dan yang terakhir berikatan dengan albumin.

Dalam jangka waktu yang cukup lama peroksida dapat mengakibatkan destruksi beberapa macam vitamin dalam bahan pangan berlemak, misalnya vitamin A, D, E, K, dan sejumlah kecil vitamin B.

Fungsi Lemak Tidak Jenuh Berbeda dengan minyak jenuh yang menyimpan bahaya di dalamnya, minyak tidak jenuh ini justru sangat baik bagi tubuh karena selain memberikan sumber energi bagi tubuh juga mengandung kadar kolestrol LDL yang relatif rendah jika dibandingkan dengan lemak jenuh.

Apabila kandungan lemak dalam makanan yang dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh seperti perut buncit. Fungsi Proses hidrogenisasi yang dilakukan untuk memadatkan lemak tidak jenuh menghilangkan sifat baik dari lemak tidak jenuh itu sendiri.

Lemak bersifat hidrofobik tidak larut dalam airuntuk melarutkan lemak dibutuhkan pelarut khusus seperti eter, klorofom dan benzen. Asam lemak bebas yang dihasilkan oleh reaksi hidrolisis dapat memberikan rasa dan bau tidak sedap. Jika kita mendengar istilah lemak, mungkin pikiran kita langsung mengarah bahwa lemak adalah zat yang merugikan bagi tubuh.

Agar lemak dalam tubuh tercukupi maka perlu mendapatkan asupan makanan yang mengandung sumber lemak sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Molekul lemak terdiri dari empat bagian,yaitu satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak.

Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Jaringan lemak menjaga panas tubuh. Jadi, bagi anda yang mengalami penyakit tersebut sangat dianjurkan untuk mengganti sumber lemak menjadi lemak tidak jenuh saja. Selain anda menyalahkan lemak pada masalah berat badan sebaiknya anda ketahui bahwa lemak merupakan salah satu sumber energi di dalam tubuh.

Senyawa polimer dalam jumlah kecil masih dapat dikonsumsi, karena baud an rasa bahan tetap baik. Bentuk dari lemak trans ini adalah padat karena lemak tidak jenuh terhidrogenisasi secara parsial. Lemak tidak jenuh ini kemudian dibedakan lagi menjadi dua jenis yaitu lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda.

Sumber alamiah vitamin yang larut dalam minyak: Lemak memang merupakan salah satu zat yang sulit terurai oleh air atau sering juga disebut sebagai zat organic hidrofirbic, jadi apabila di dalam tubuh terjadi penimbunan lemak dalam jumlah yang sangat banyak akan mengakibatkan penambahan berat badan atau tubuh menjadi gemuk, perut buncit, paha besar dan lainnya.

Semakin tinggi titik asapnya maka kualitas lemak atau minyak semakin baik. Lemak trans Lemak trans merupakan turunan dari lemak tidak jenuh dimana sudah terdapat perubahan ikatan atau konfigurasi pada lemak tidak jenuh tersebut. Titik cair Minyak atau lemak tidak mempunyai titik cair yang tepat karena merupakan campuran trigliserida.

Jika minyak jagung yang telah dipanaskan dan mengandung hidroksil dicampur pada ransum tikus dewasa, maka lemak dalam bagian karbon mengandung asam dihidroksi stearat yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan tikus.

Lemak tidak jenuh akan lebih baik digunakan jika tidak melalui proses pemasakan terlebih dahulu atau dikonsumsi secara langsung.Lemak dioksidasi di dalam tubuh guna memberikan energi bagi aktivitas jaringan dan mempertahankan suhu tubuh.

Membangun jaringan tubuh. Sebagian lemak masuk ke dalam sel – sel tubuh dan menjadi bagian penting dari struktur sel tersebut.

Dalam praktek kesehariannya, setiap manusia berbeda akan kebutuhan lemak di dalam tubuh. Sesuai dengan usia dan berat badan manusia, namun dalam setiap hari manusia normal sangat membutuhkan lemak sebanyak setengah sampai satu gram setiap satu kilogram dari berat badan manusia.

Dalam hal ini, pemerintah telah memberikan batasan standar kadar asam lemak bebas yang terkandung dalam bahan pangan sebanyak 0,3% (SNI,). Dalam penetapan kadar asam lemak bebas yang terkandung dalam margarin sebagai bahan pangan digunakan metode secara alkalimetri.

Jenis Jenis Lemak dan Fungsinya bagi Tubuh

Lemak sendiri terdiri dari tiga macam yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh dan lemak trans. Meskipun lemak sangat berguna bagi tubuh karena merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh. lemak juga memiliki bahaya di dalamnya yang perlu anda laurallongley.com: Ana Rohma.

Lemak cair dalam tubuh
Rated 4/5 based on 60 review